XML

Menyusuri jejak kehadiran Makassar dalam sejarah (1510-1700)


Buku karya Prof. Dr. H. Mattulada ini merupakan terbitan ulang yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1982 oleh Bhakti Baru-Berita Utama. Buku ini bukanlas suatu yang telah memilki sifat paripurna. Tetapi kerena ia telah dihadirkan, maka ia pun akan bermakna menurut kehadirannya itu.
Betapa besar arti sejarah dalam pembangunan, meliputi banyak hal, terutama dalam menentukan arah dan tujuan pembangunan yang akan dicapai. Suatu hambatan yang selalu terasa dalam kesejarahan, baik di tingkat lokal maupun di tingkat nasional, ialah kekurangan dalam kepustakaan. Khususnya di Sulawesi Selatan kita sangat merasakan kekurangan ini.
Dalam rangka mengisi kekurangan pustaka itulah, buku ini ditulis sebagai salah satu usaha menyusuri kembali jejak kehadiran Makassar dalam sejarah. Buku ini antara lain membicarakan arti Makassar, baik sebagai kelompok etnik maupun negeri yang ikut mengukir kehadiran Sulawesi Selatan pada abad XVI-XVII dalam mempertahankan Makassar sebagai pusat Kerajaan Gowa banda niaga dan benteng pertahanan terpenting di Indonesia Timur.

Daftar Isi:
Bab I Pendahuluan
1. Lintasan Peristiwa (dalam) Sejarah Gowa
2. Makassar: Konsepsi dan Pengertiannya
a. Kelompok etnis
b. Sebutan Kerajaan Gowa-Tallo
c. Ibu Kota Kerajaan
Bab II Makassar Ibu Kota Kerajaan Makassar
1. Tumpa'risi' Kallona (+1510-146)
LOADING LIST...
Muh. Thamrin Mattulada - Personal Name
Abd. Rahman Hamid - Personal Name
900.95984 MAT m 3
978602833572x
900.95984
Text
Indonesia
Ombak
2011
Yogyakarta
xxv, 220 hlm.
LOADING LIST...


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail