| UPT Perpustakaan UIN Alauddin

Mahasiswa JIP Praktikum Digitalisasi Buku

 

Posted on April 25, 2019 by Team Work

Samata (24/5/19).

Perpustakaan perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi; pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ia kadang disebut sebagai jantung atau urat nadi sebuah perguruan tinggi.

UIN Alauddin Makassar kini memiliki 67 jurusan/program studi yang tersebar di 8 fakultas dan program pascasarjana. Puluhan ribu mahasiswa, 700-an dosen, dan ratusan tenaga kependidikan dan staf menunjukkan bahwa kampus ini merupakan kampus yang besar yang diisi oleh para akademisi. Aktitifas akademik menjadi pemandangan umum sehari-hari di kampus ini.

Salah satu aktifitas akademik yang paling sibuk di kampus ini ialah layanan perpustakaan. Hampir setiap saat pengunjung, baik itu sivitas kampus sendiri ataupun pengunjung luar datang ke UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Tujuan mereka beragam, ada yang ingin membaca, meminjam dan mengembalikan buku, mengerjakan tugas, memanfaatkan layanan internet, berdiskusi, bahkan ada yang memang datang untuk menikmati suhu dingin AC di ruang-ruang baca perpustakaan.

Terkait dengan koleksi, kini perpustakaan telah memiliki puluhan ribu judul buku. Selain itu, perpustakaan juga memiliki koleksi digital yang disimpan di repositori, akses jurnal nasional dan internasional, serta ebooks dosen UIN Alauddin Makassar. Untuk ebooks, ini merupakan salah satu program di tahun ini di mana semua buku yang telah dihasilkan oleh dosen-dosen UIN Alauddin Makassar akan didigitalkan dan disimpan dalam sebuah media online agar siapapun dapat mengakses dan membacanya.

tes

Saat ini telah ada ratusan buku dosen yang telah dialihmediakan ke dalam bentuk ebook (buku digital). Program digitalisasi ini melibatkan mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar angkatan 2016. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti setiap tahapan proses digitalisasi hingga mengonlinekannya melalui http://ebooks.uin-alauddin.ac.id/. Diharapkan media ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada siapa saja. Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar yang kini telah memiliki sebuah media untuk menghimpun buku-buku dosen UIN Alauddin dalam format digital. Artinya, siapa saja yang ingin membaca buku tersebut memiliki dua pilihan yakni versi cetak buku tersebut dapat dijumpai di rak perpustakaan, atau versi ebook yang bisa hadir di genggaman kita dengan cepat.

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


UPT Perpustakaan UIN Alauddin

Go-Lib UIN Alauddin Makassar coming soon.
Info selengkapnya