Detail Cantuman
Text
Pengembangan model pembelajaran virtual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada Madrasah Negeri di Kota Parepare
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, realitas pelaksanaan pembelajaran pada Maadrasah Negeri di Kota Parepare meliputi a) tenaga guru, yakni seluruhnya memenuhi syarat kualifikasi minimal S1, PNS 63 % dan non PNS 37 % dengan perbandingan jumlah peserta didik 1 : 7; b) jumlah peserta didik tidak mengalami kemajuan signifikan, peserta didik kelas III lebih banyak dibandingkan kelas II (selisih 7,79 %) dan kelas I (selisih 3,83 %); c) kurikulum yakni KTSP yang mengac pada standar nasional pendidikan dan telah disosialisasikan implementasi kurikulum 2013; d) perencanaan pembelajaran meliputi menyusun silabus, SK/KD, pekan dan hari efektif, kriteria ketuntasan minimal, program tahunan, program semester, dan RPP; e) pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, yakni dominan menggunakan model konvensional yang terlalu berorientasi teacher-centered, sumber belajar berpusat pada guru dengan menggunakan buku paket tertentu dan media visual, metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan resitasi; f) penialaian hasil belajar yakni formatif, UTS, UAS, portifolio, dan AN. Kedua, langkah-langkah pengembangan model pembelajaran virtual pada madrasah negeri di Kota Parepare melipti : studi pendahulan tentang potensi dan masalah, memilih sampel, menghimpun materi/pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, dan uji coba di madrasah. Selanjutnya tahap-tahap kegiatan dalam uji coba pembelajaran yakni a) orientasi dan pre tes; b) pembelajaran secara mandiri; c) interaksi secara face to face di kelas; d) pos tes dan tindak lanjut. Ketiga, efektifitas penerapan model pembelajaran virtual pada madrasah negeri di Kota Parepare dalam eksperimen memperlihatkan keberhasilan (efektivitas) yang sangat signifikan dalam meningkatkan motivasi, pemanfaatan waktu dan hasil belajar peserta didik.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Penerbit | : ., 2015 |
---|---|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |