Detail Cantuman

Image of Tinjauan hukum Islam terhadap peranan istri sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga (stadi kasus kehidupan berkeluarga di Desa Nusa Kec. Kahu, Kab. Bone)

Text

Tinjauan hukum Islam terhadap peranan istri sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga (stadi kasus kehidupan berkeluarga di Desa Nusa Kec. Kahu, Kab. Bone)


Hasil penelitan ini menujukkan bahwa 1) Peranan Seorang Istri di Desa Nusa Kec. Kahu pada dasarnya tetap sebagai ibu rumah tangga yang menjadi kodratnya sebagai istri terhadap suaminya, namun diantara mereka mencari nafkah memang dasar hanyalah membantu meringankan beban sang suami. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika seorang istripun justru turut ambil alih dalam pencarian nafkah terhadap keluarganya. 2) Hukum Islam dan UU Perkawinan tidak melarang jika seorang istri membantu dalam pencarian nafkah untuk keluarganya, dan bahkan dalam hukum islam sendiri, malah menjadi hal yang di perbolehkan jika seorang istri dapat membantu mencari nafkah dalam keluarganya, tetapi meskipun demikian kodrat seorang ibu rumah tangga tetap wajib menjaga serta merawat anak-anaknnya dan tetap wajib melayani suaminya meskipun turut andil dalam menafkahi keluarganya, 3) Pada umumnya beberapa faktor penyebab sehingga seorang istri mencari nafkah dalam keluarga di Desa Nusa Kec. Kahu adalah dikarenakan faktor ekonomi yang mendesak sehingga menyebabkan seorang istripun turut ambil alih dalam pencarian nafkah terhadap keluarganya, terutama ibu-ibu yang telah menjada di Desa Nusa Kec. Kahu Kab. Bone.
Implikasi penelitian ini adalah: 1) Dalam kehidupan rumah tangga, seorang istri hanya menginginkan kebahagiaan dalam rumah tangganya. Yang dimana rumah tangganya akan bahagia ketika adanya kebersamaan dalam suka maupun duka,




Ketersediaan

Tidak ada salinan data



Informasi Detil

Penerbit : jakarta.,
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this