Detail Cantuman

Image of Al-Libas perspektif Al-Qur'an (analisis tafsir maudu'i)

Text

Al-Libas perspektif Al-Qur'an (analisis tafsir maudu'i)


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam al-Qur'an kata al-libas dengan berbagaia bentuk derivasinya terulang sebanyak 23 kali dan tersebar pada 22 ayat di 15 surah. dari ayat-ayat tersebut dirumuskan beberapa hakikat, yaitu sebagai berikut: (1) al-libas yaitu pakaian lahir yang menutupi tubuh, baik sebagai penutup aurat, hiasan serta pelindung tubuh. (2) al-libas yang bermakna pakaian ruhani atau pakaian batin, yaitu libas taqwa yang berfungsi mengontrol sikap dan tingkah laku manusia. (3) al-libas diunakan pula bagi pasangan suami istri yang merupakan pakaian antara satu dengan yang lainnya yakni berfungsi sebagai penutup atas kekurangan suami dan atau sebaliknya. (4) al-libas berarti menutup dalam konteks lain seperti kegelapan malam menutupi jagat raya. (5) al-libas berarti meliputi, maksudnya diliputi oleh perasaan lapar dan takut. (6) al-libas berarti percampuran, yaitu mencampurkan antara yang haq dengan yang batil. (7) al-libas berarti keraguan, misalnya orang kafir sering meragukan ciptaan Allah.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa eksistensi al-libas terlihat pada jenisnya adalah al-libas al-haqiqiy yang berupa pakaian lahir dan berfungsi sebagai penutup, perhiasan pelindung, dan al-libas al-ma'nawiy yang berfungsi sebagai pakaian taqwa, baik al-libas yang ditujukan kepada suami istri maupun pakaian yang berupa ganjaran, berupa sanksi di sunia maupun balasan di akhirat bagi ahl al-Jannah wa ahl al-nar.
terdapat syarat dan mekanisme penggunaan al-libas dalam hadis dan ayat-ayat al-Qur'an yang menjelaskna tentang bagaimana seharusnya penggunaan al-libas yang sesuai dengan tuntunan agama dan fungsinya sebagai penutup aurat, perhiasan, perlindungan serta sebagai penunjuk identitas. adapun hikmah/tujuannya adalah untuk mensucikan hati, menghindarkan gangguan manusia dan tipu daya setan, memelihara pandangan menjaga kehormatan manusia serta memelihara manusia dari sengatan panas dan dingin dan segala macam bencana. dan yang tak kalah pentingnya adalah pengaruh al-libas dalam pembentukan kat=rakter setiap insan serta dampak yang ditimbulkan oleh berbagai macam cara, bentuk dan model pakaian baik dampak secara pribadi maupun dampak sosial.




Ketersediaan

Tidak ada salinan data



Informasi Detil

Penerbit : jakarta.,
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this