Detail Cantuman

Image of Asal-usul Sunnah Sahabat (studi historiografis atas tarikh tasyri)

Text

Asal-usul Sunnah Sahabat (studi historiografis atas tarikh tasyri)


Penelitian telah mengungkapkan munculnya dua aliran di antara para sahabat Nabi SAW dalam mempersepsi ajaran Islam yang disampaikan Nabi SAW. Pandangan yang berbeda tentang sunnah Nabi SAW telah melahirkan dua kelompok sahabat. Mereka berbeda dalam tiga hal: ismah, ijtihad, dan marja'iyyah. Kelompok pertama memandang Nabi SAW sebagai manusia yang secara mutlak ma'sum. ia tidak pernah salah dalam pikiran, perkataan, dan tindakan. Ummah wajib tunduk sepenuhnya kepada perintahnya. keputusannya bersifat ilahiah. karena ijtihad itu bisa jatuh kepada kesalahan manusiawi, Rasulullah SAW. tidak pernah memutuskan berdasarkan ijtihad. Selama ia masih hidup, ialah marja' bagi seluruh umat. Dipercayai bahwa setelah beliau wafat akan ada orang yang ditunjuknya sebagai marja'.
Sebaliknya, kelompok yang kedua hanya percaya kepada ismah parsial. Nabi SAW. hanya wajib ditaati dalam urusan ibadah dan aqidah. dalam masalah sosial politik, seringkali Nabi SAW. menetapkan keputusannya berdasarkan pendapatnya, bukan berdasarkan wahyu. Dalam hal seperti ini, kita bisa menyampaikan pendapat sendiri. Sebagaimana Rasulullah SAW. berijtihad, begitu pula para sahabatnya. Berkaitan dengan marjaiyyah, kelompok ini menjadikan seluruh sahabat sebagai marja'.
Semua perbedaan ini berasal dari kepercayaan tentang wasiat. Kelompok pertama percaya bahwa Nabi SAW. berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib. Kelompok yang lain percaya bahwa Nabi SAW. tidak berwasiat kepada siapapun. Penelitian historis dalam disertasi ini menunjukkan bahwa kepercayaan kelompok pertama didukung oleh Al-Quran, hadis, dan dokumen-dokumen filologis dan historis.




Ketersediaan

Tidak ada salinan data



Informasi Detil

Penerbit : jakarta.,
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this