Detail Cantuman

Image of Pola pendidikan Islam pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari

Text

Pola pendidikan Islam pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pola pendidikan Islam pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari dilakukan dengan memperbaiki taraf hidup, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, serta mengangkat harkat dan martabat mereka adalah melakukan pemberdayaan dan pendampingan melalui pendidikan Islam, dan pendidikan Islam dapat memberi kemampuan praktis, yakni baca tulis al-Quran dan hitung, penanaman nilai-nilai keimanan, keteladanan dan pemberian nasehat serta keterampilan-keterampilan khusus, penanaman pengetahuan tentang prinsip-prinsip ekologi lewat pengalaman belajar secara konkret. Dari semua faktor pendukung penerapan pendidikan Islam dalam pembentukan dan penanaman nilai-nilai keislaman pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari yaitu:
pertama, pendirian lembaga pendidikan yang diletakkan di perkampungan Suku Bajo hal ini dilakukan dengan pembangunan sesuai dunia dan kepentingan Suku Bajo di Kota Kendari,
kedua, sikap dan komitmen yang tinggi dan partisipasi dari berbagai pihak baik pemerintah maupun tokoh agama yang ada di Kota Kendari dan sumbangsih dari masyarakat dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat,
ketiga, penciptaan iklim untuk meningkatkan penghasilan Suku Bajo di Kendari yang bermukim di pesisir pantai, adapun faktor penghambat meliputi, kurangnya akses dan kesadaran untuk sekolah, orang tua melibatkan anaknya untuk mencari rezeki di laut. Selain itu, belum adanya Suku Bajo sendiri yang menjadi guru bagi sukunya sendiri.




Ketersediaan

Tidak ada salinan data



Informasi Detil

Penerbit : jakarta.,
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this