Detail Cantuman
Text
Studi tentang peranan pendidikan Islam dalam perubahan sistem kepercayaan tradisional di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng
(1) Pendidikan Islam berkembang seiring perkembangan islam pada masyarakat Soppeng. Pendidikan Islam diawali kegiatannya pada rumah ulama, selanjutnya di masjid, lalu didirikan institusi pendidikan islam dalam bentuk pondok pesantren, madrasah, dan sekolah berbasis islam. Institusi pendidikan islam di soppeng cukup banyak baik di bawah asuhan DDI maupun dalam asuhan Muhammadiyah, dan lembaga pendidikan binaan organisasi islam lainnya.; (2) Sistem kepercayaan tradisonal pada masyarakat Kabupaten Soppeng adalah percaya terhadap Dewata SeuwaE, to Manurung, tau Lao, onrong Makere, Ajarang, Anu Makkesisik, Dowang Salama (syukuran) dan pattula' bala (penangkal bencana), dan jumlah personalia dalam ritual kepercayaan tradisional; (3) Peran tokoh dalam mengembangkan pendidikan Islam pada masyarakat Soppeng adalah cukup banyak, di antaranya adalah mengadaptasikan ritual kepercayaan tradisional ke dalam Islam, berkembangnya purifikasi Islam di tengah sinkrestisme budaya, menjadi pemimpin masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, memberikan keteladanan kepada masyarakat, mendirikan institusi pendidikan islam, mengembangkan sikap peduli terhadap sesama manusia, serta ketulusan dalam kerja kemanusiaan; (4) perubahan konsep dan simbol kepercayaan tradisional pada masyarakat Soppeng melalui pendidikan islam, yaitu masyarakat semakin intens dalam mendalami doktrin islam sehingga dapat membangun sifat inklusif, masuknya syara' sebagai salah satu unsur atau komponen pangngedereng, kedekatan makna dan konten akidah atau ketauhidan, peneguhan niat dan tujuan berdasarkan aqidah Islam dalam melaksanakan ritual kepercayaan tradisional pada masyarakat, pemberian makna filosofis terhadap instrumen ritual kepercayaan tradisional, dan sebgaianya.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Penerbit | : jakarta., 2015 |
---|---|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |